Kementerian Ekonomi Kreatif Mahasiswa

Baim

Ibrahim Muhammad Nur

"Menteri Ekonomi Kreatif Mahasiswa"

Staff

Aditrya Putra Mandiri 
Amelia Satriani 
Annisa Nurul Hayati 
Desi Dwi  
Eca Indah Anggraini 
Elvara Dwifaningrum S. 
Fasya Aulia Rahma 
Friday Asri Nurohmah 

Haydar Aly Akbarnawi 
Khairunnisa Zalfa Purwanti 
Moh Albi Abdillah 
Meilisa Sonia W 
Nurul ‘Ayni  
Popi Nurhopipah 
Uniek Dyah Shafira 

Pendahuluan

Kementerian Ekonomi Kreatif Mahasiswa adalah kementerian yang berperan meningkatkan budaya kewirausahaan mahasiswa unsoed, menciptakan kemandirian ekonomi bem unsoed dengan langkah strategis, menjalin hubungan dengan mitra-mitra dalam lingkup wirausaha sosial, dan berkordinasi dengan kementrian keuanangan dalam menunjang kebutuhan-kebutuhan program kerja BEM Unsoed.

Visi

Sebagai wadah dan fasilitator unsoedpreneur dalam meningkatkan iklim kewirausahaan, terbentuknya koperasi mahasiswa serta Terwujudnya kemandirian ekonomi BEM Unsoed 2020

Misi

Menyentuh persoalan kewirausahaan seputar modal, skill dan pemasaran dengan menjembatani antara mahasiswa dengan program kewirausahaan yang tersedia, mengadakan pelatihan dan workshop, serta membantu menyediakan pasar.

Melanjutkan tahap pembentukan koperasi hingga koperasi mulai beroperasi dengan melakukan kunjungan dan melakukan kordinasi dengan pihakterkait.

Membuat rancangan pemasukan yang matang, efektif dan efisien serta melaksanakannya dengan cara yang halal dan kreatif.

Menjalin kerjasama dengan elemen lain.

Membangun media yang menarik dan kreatif untuk memudahkan sosialisasi dan pemasaran.

Deskripsi Kerja

  •  Merumuskan pola kaderisasi internal BEM Unsoed; tahap-tahap kaderisasi yang aka ditempuh selama satu periode kepengurusan, hal apa saja yang perlu dipahami oleh setiap pengurus, perangkat pengkaderan apa sajayang digunakan, dan sebagainya.
  • Melakukan pemetaan pengurus; mengumpulkan biodata, membuat database, dan mengintegrasikannya dengan evaluasi pengurus.



  • Membuat kegiatan pelatihan dikemas dalam bentuk upgrading dengan nuansa yang serius tapi santai, kreatif, asik, dan bikin kangen.



  • Membuat kegiatan pengembangan sekaligus pengarahan dalam bentuk kelas secara intensif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berfikir.



  • Melakukan monitoring pada setiap kementerian terkait dengan kinerja pengurus.





  • Membuat kegiatan pelatihan dikemas dalam bentuk upgrading dengan nuansa yang serius tapi santai, kreatif, asik, dan bikin kangen.



  • Membantu menyelesaikan segala permasalahan yang berkaitan dengan konflik internal.





  • Memberikan reward and punishment, apresiasi, teguran, dan nasehat-nasehat perbaikan untuk menciptakan hawa kepengurusan yang nyaman, tertib, dan tentram.