Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

Wisnu

Wisnu Ludhi Kuncoro

"Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa"

Staff

Alam Anugrah Ramadhan 
Anggraeni Lukitaningsih 
Bagus Karnanto 
Daffa Firda Ramadhani 
Fadhlan Naufal Aditya 
Farhan Faizi 
Hikmah Novandari 
Muhammad Setya Adi P

Mujahid Imam Abid 
Naba Syifa Hudani 
Nisa Fauztina 
Nurul Auliyah Hidayati 
Olivia Marselina 
Panji Mahendra 
Retnaningtyas Eka Nutama 
Siti Ma’rifah 

Pendahuluan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa yang cukup mempunyai fungsi lebih di tengah-tengah organisasi mahasiswa pada umumnya , diantaranya mempunyai fungsi lebih salah satunya yaitu fungsi advokasi secara sederhana bermakna sebagai penyampai informasi, penghimpun aspirasi, dengan menindaklanjutinya dengan bekerjasama dengan elemen terkait serta tataran birokrat Universitas Jenderal Soedirman.
Pengawalan isu seperti biaya kuliah (UKT), Fasilitas dan kebijakan kampus, serta info beasiswa merupakan nafas sehari-hari bagi kami. Yang menjadi tantangan Adkesma hari ini adalah bagaimana mengemas semuanya menjadi lebih kreatif sehingga dapat diterima oleh semua kalangan mahasiswa Unsoed. Kemudian berinovasi untuk mendorong birokrat kampus untuk membentuk seminar sesuai kebutuhan mahasiswa unsoed.
Didorong dengan fungsi BEM Unsoed sendiri yang diamanahkan sebagai Koordinator Isu Pendidikan Tinggi BEM Seluruh Indonesia maka peran Kementrian Adkesma lebih berat lagi salah satunya membangun dan membentuk ekskalasi gerakan di kampus dalam fungsi pengawalan terhadap kebijakan kampus yang belum sama sekali mensejahterakan mahasiswa. Dengan hal itu Kementrian Adkesma memiliki fungsi selain dalam pengawalan isu kampus juga membangun ekskalasi gerakan dalam aksi strategis di lingkungan kampus.

Visi

Kementerian yang mampu menjadi garda terdepan dalam perihal advokasi dan hak-hak kesejahteraan mahasiswa serta melakukan inovasi-inovasi dalam berkarya pada kepengurusan BEM UNSOED 2020

Misi

Melakukan kegiatan Advokasi yang berkaitan dengan kepentingan mahasiswa

Menjalin hubungan yang harmonis dan sinergis dengan bidang advokasi BEM/ Lembaga setara BEM dari Fakultas di unsoed

Melakukan fungsi kontrol kebijakan

Menyebarkan informasi, menjaring aspirasi serta menindaklanjutinya

Deskripsi Kerja

  • Advokasi hal-hal pelayanan mahasiswa yang bersifat taktis dan strategis baik terkait dengan kebijakan kampus, fasilitas kampus, biaya kuliah, KIP-Kuliah, serta prosedural administrasi mahasiswa yang berkaitan dengan pengelolaan universitas yang berpihak pada kepentingan mahasiswa.
  • Membuat kajian yang berkaitan dengan isu internal kampus khususnya dan pendidikan tinggi pada umumnya.






  • Melakukan koordinasi dengan setiap elemen baik fakultas maupun universitas yang berkaitan dengan kerja-kerja advokasi.